Candi Surowono Aset Wisata yang Sederhana Namun Mendunia



 
Bangunan Candi Surowono (foto:Zuliana)
          
          Candi Surowono terletak di Dusun Surowono Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Candi yang berdenah bujur sangkar menghadap ke barat, memiliki panjang7,8 meter, lebar 7,8 meter, dan tinggi 4,72 meter ini tampak sederhana dan    tidak terlalu megah. Terbuat dari batuan endesit dengan bagian pondasinya terbuat dari bata sedalam 30 centimeter dari permukaan tanah. Adanya  hamparan taman disekeliling candi, menjadikan situs warisan budaya peninggalan Kerajaan Kediri ini tampak menarik. Meskipun sederhana tetapi rata-rata pengunjung yang datang ke tempat wisata ini mencapai 2.500 orang setiap bulannya. Wisatawan paling jauh berasal dari Belanda dengan tujuan mengadakan penelitian terhadap relief Candi Surowono. Selain wisatawan asing, penelitian juga dilakukan oleh pengunjung lokal dari  berbagai universitas di Indonesia, seperti universitas dari kota Surabaya, Kediri dan kota-kota lain.
Menurut Bapak Zainal Abidin (30 tahun), salah satu penjaga Candi Surowono, pada umumnya wisatawan yang hadir hanya sekadar melepas rasa ingin tahu terhadap bangunan bersejarah yang dilindungi oleh Badan Perlindungan Purbakala Daerah Jawa Timur ini.
Hanya dengan tiket masuk yang sangat murah sebesar Rp 1.000.00,00 wisatawan sudah dapat masuk ke kawasan Candi Surowono. Banyaknya wisatawan yang datang  tidak selalu menjadikan sebuah tempat wisata terlihat sempurna penata-annya. Candi surowono juga masih minim fasilitas, seperti tidak adanya toilet bagi pengunjung dan tempat parkir yang memadai. Hal ini dikarenakan Candi Surowono tidak berada dibawah perlindungan pemerintah Kabupaten Kediri secara langsung. Tetapi, keterbatasan fasilitas di area Candi Surowono tampaknya tidak mengurangi minat dari wisatawan yang datang. (Siti Zuliana/1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar