PENARIKAN RETRIBUSI PASAR BANDAR KOTA KEDIRI



PASAR BANDAR, KEDIRI. Pasar adalah  salah satu tempat umum bertemunya antara penjual dan pembeli. Dalam pasar tentunya yang dijual merupakan kebutuhan sehari-hari. Pasar Bandar merupakan pasar tradisional yang  terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim Kediri ini memiliki dua lantai, lantai pertama pasar
Bandar adalah tempat berjualan aneka kebutuhan jangka panjang misal baju, sepatu, tas dan lain-lain. Lantai satu yang terdiri dari kios-kios tersebut  memiliki luas berbeda-beda antara penjual satu dan yang lainnya, sedangkan lantai kedua dari pasar Bandar adalah tempat berjualan sayuran, daging dan
 lantai dua mengatakan bahwa" retribusi yang ada di pasar bandar ini penarikannya secara harian, selain itu penarikan retribusi hanya dilakukan pada kios-kios yang ada di lantai satu.
Dalam penarikan retribusi pedagang di lantai satu ternyata berbeda. Pramono (43) menyatakan perbedaan itu disebabkan oleh besaran tempat yang dipakai oleh pedagang. Dan jumlah retribusi yang ditarik adalah luas tempat dikalikan nominal. Misal, satu tempat itu luasnya 2 x 2 = 4 x 200,- = 800,-. Jadi retribusi yang ditarik dalam satu tempat adalah 800,-.
            Retribusi pasar Bandar yang memiliki rata-rata penyetoran retribusi mencapai 1 juta 5 ribu  perharinya itu disetorkan ke Kantor Pusat yang terletak di Pesantren. Penyetoran retribusi dilakukan tiap hari, itu disebabkan karena pasar Bandar merupaknan perusahaan (2/4). (Yayuk D.S/1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar