Takici, Wisata Efektif Melepas Penat



            Taman merupakan salah satu tempat yang efektif untuk melepas penat dari segala aktivitas dan sarana yang nyaman untuk berkumpul bersama keluaraga. Di sisi barat daerah Pare, salah satu kecamatan di Kabupaten Kediri, terdapat sebuah taman yang baru dibangun pada tahun 2013. Taman Kilisuci, itulah nama yang tersemat di depan area taman ini.
            Taman Kilisuci ini merupakan salah satu tempat wisata yang terlihat sederhana namun mampu menciptakan segudang kebahagiaan. Terbukti, walaupun belum lama dibangun taman ini sudah melekat di hati warga Pare dan sekitarnya. Bahkan, telah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi mereka. Mereka pun memberikan nama beken untuk taman ini, yaitu Takici (Taman Kilisuci)
            Taman yang terletak di area padat aktivitas ini, menyuguhkan lingkungan taman yang benar-benar asri dan beraneka wahana bermain untuk anak-anak. Keluarga yang berkunjung ke taman ini pun semakin betah. Walau hanya sekedar menikmati salah satu sudut kota Pare dengan beragam aktivitas. Pengunjung pun tidak dipungut biaya masuk ke taman ini, namun pengunjung yang membwa kendaraan harus membayar biaya parker sebesar Rp 1.000,00.
            “Adanya taman Kilisuci ini sangat menguntungkan bagi keluarga yang berkunjung ke sini. Di sini ada wahana bermain untuk anak-anak dan tidak penuh oleh penjual, jadi membuat pengunjung lebih nyaman,” tutur Rona, pengunjung yang sering ke Taman Kilisuci bersama putranya.
            Taman yang tertata rapi ini memang terlihat berbeda dari taman Pare yang sebelumnya (Tamrin). Taman yang sebelumnya terletak di jantung Kota Pare dan sekarang sudah penuh sesak oleh penjual. Kebersihan dan keamanannya pun juga kurang terjamin. Di Taman Kilisuci ini penjual berada di sisi timur taman. Sebenarnya, telah disediakan tempat bagi para penjual di sisi barat taman, namun sampai sekarang belum ditempati. Kamar mandi juga telah tersedia di taman yang tidak terlalu luas ini. Saat mentari mulai tampak, petugas kebersihan selalu tampak memangkas rumput dan membersihkan area taman. Petugas Satpol PP pun juga terlihat berjaga di taman ini sejak pagi.
            “Menurut saya, taman ini sudah cukup memadai dan nyaman sebagai taman di kota kecil ini, jadi pengunjung juga betah di sini,” ungkap Eki, pengunjung yang datang bersama keluarganya.
            Menjelang Maghrib, Taman Kilisuci ini mulai ramai oleh suara anak kecil yang bermain di tempat bermain anak dan segerombolan anak muda yang sedang berdiskusi di dalam petak rumput hijau. Para pengunjung itu pun juga tak kuatir dengan kendaraan yang mereka bawa karena selalu dijaga petugas parkir dari Dinas Kecamatan Pare.
            Saat adzan maghrib herkumandang, pengunjung pun bisa langsung bergegas ke Masjid Agung An-Nur yang terletak persis di timur Taman Kilisuci ini untuk menunaikan ibadah kepada Sang Penguasa Alam semesta. Selain untuk menyegarkan jasmani, kita juga dapat menyegarkan rohani kita di kawasan Taman Kilisuci ini. Berkunjung ke Taman ini memang tidak perlu banyak biaya, namun di taman ini kita bisa merasakan segudang manfaat. (Yosi Ari Wijayanti/1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar