MENGULAS SEJARAH PP. MAMBA'UL HISAN ISYHAR

PP.Isyhar - Nganjuk (foto:Khunaifi)

Nganjuk-Pesantren  Mamba’ul Hisan Isyhar ini berada dikawasan tepian sungai berantas di Dsn. Gropol Ds. Tanjungtani Kec Prambon Kab. Nganjuk. Pon. Pes. Mamba'ul Hisan Isyhar ini dikususkan mendidik dan membina generasi mudah khususnya tingkat anak-anak mulai usia 5 th. Pesantren inisemenjak tahun berdirinnya, 1998 hingga saat ini telah eksis membantu program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.



Berdirinya Pon. Pes. Mamba'ul Hisan Isyhar ini didasarai oleh pemikiaran Abah Ky. Abu Syamsudin Syakur yang melihat kurangnya pendidikan yang diterima oleh anak dalam bidang baca Al-Qur'an. Deangan adanya keadaan seperti ini, beliau sangat prihatin. Dan akhirnya dengan dorongan dari pihak Dzuriah(keluarga) PP.ISYHAR, beliau merintis berdirinya Pon. Pes kusus Penanganan anak dalam membaca Al-quran yang diberi nama PP. MAMBA'UL HISAN ISYHAR. 

Langkah awal yang dilakukan dalam pembentukan lembaga ini, yaitu dengan mengirim utusan salah satu santri senior dari PP.ISYHAR sebagai patokan sistem yang dipaki di pesantren ini. Beliau adalah Ust. Muhammad Nasta'in.  

Pengasuh PP.Isyhar - KH. Masrukin Syakur
Nama Mamba'ul Hisan diambil dari nama sebuah pondok induk yang dijadikan patokan standar kurikulum dalam pesantren yang didirikan oleh Kyai M.Abu Syamsudin Syakur ini. Pesantren ini berada di kawasan Blitar, tepatnya di Gardusari Sanan Gondang Blitar dengan nama PP.Mamba'ul Hisan Sanan Gondang yang merupakan Cabang dari PP.Mamba'ul Hisan Pusat Sidayu Gresik. Jadi Pondok pesantren Mamba'ul Hisan merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki beberapa cabang dan anak cabang yang kesemuanya diberi nama yang sama , MAMBA'UL HISAN, mengikut dari pondok induknya yang berada di kota Gresik. adapun dengan penambahan nama Isyhar diambil dari nama pondok induk dimana pesantren ini berada, Pon. Pes. ISYHAR. Dengan kata lain Pon. Pes. Mamba'ul Hisan Isyhar merupakan pesantren yang berada dalam naungan Pon. Pes ISYHAR yang mengikuti sistem ala Mamba'ul Hisan Sanan Gondang yang mengacu pada Mamba'ul Hisan Sidayu Gresik. 

P. Mamba'ul Hisan Sidayu Gresik sendiri didirikan oleh Al-Maghfurlah KH. MUHAMMAD BIN SOFWAN Sidayu Gresik. kepada beliau al-Fatihah.. 

Sesuai sejarah berdirinya Pon. Pes. Mamba’ul Hisan Isyhar yang dikususkan untuk kalangan anak mulai usia 5 tahunan, maka dibutuhkan kegiatan yang sesuai pada usia anak. Untuk itu disusunlah jadwal kegiatan sehari-hari santri mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Pedoman waktu yang digunakan menggunakan jam matahari (WIS)
1.      04.00 s/d 04.30 WIS   : Mandi, Sholat Subuh berjamaah 
2.      04.30 s/d 06.30 WIS   : Pendalaman materi Diniyah
3.      06.30 s/d 07.30 WIS   : Sarapan dan persiapan berangkat    sekolah formal
4.      07.30 s/d 12.30 WIS   : Kegiatan belajar disekolah formal masing-masing
5.      12.30 s/d 15.30 WIS   : Sholat Dhuhur, makan siang, dan istirahat (wajib tidur siang)
6.      15.30 s/d 17.30 WIS   : Mandi, Pendalaman materi Diniah
7.      17.30 s/d 19.00 WIS   : Makan sore, istirahan, dan sholat Maghrib berjamaah
8.      19.00 s/d 20.30 WIS   : Pendalaman materi Diniah dan sholat Isyak berjamaah
9.      20.30 s/d 22.30 WIS   : Takror pelajaran umum
10.  22.30 s/d 04.00 WIS   : Istirahat (tidur malam)

Disamping menangani masalah pendidikan, kususnya baca Al-quran. Para santri juga dibekali dengan berbagai ketrampilan penunjang. Diaantaranya Pelatihan Sholawat Al-banjari, Khot(menulis indah Arab),  Sholawat Al-Marawis, Seni membaca Al-Quran, dan juga baerbagai ketrampilan kecakapan diri. (Akhmad Khunaifi/1)

5 komentar:

  1. kayaknya baru baru ini anak saya masuk ponpes ini deh...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. alhamdulilah anak saya sudah masuk di ponpes ini sejak usia 3.5th,, smga di beri kelancaran kemudahan dlm mnuntut ilmu yg bermanfaat bagi agama bangsa dn org tuadi mg jd anak yg sholehah aamiin yarabbal alamin

    BalasHapus
  4. maaf kok ga pas ya, foto itu papan dari pondok daerah prambon-nganjuk, foto mbah yai rukin pun itu pengasuhnya, tapi kok isinya beda banget,mohon koreksinya

    BalasHapus