Melayani Sepenuh Hati


     Kebanyakan orang tugas seorang security hanya dianggap sebagai penjaga keamanan lingkungan sekitar. Tetapi tidak dengan security di Rumah Sakit yang dijalaninya memiliki tugas lain dalam hal pelayanannya, yaitu, memberitahu,  menunjuk-kan, sampai mengarahkan pengguna Rumah Sakit apa yang dibutuhkan dan diperlukan. Dengan begitu pengguna Rumah Sakit merasa nyaman dengan adanya bantuan security.
Dalam hal pengamanan dan keamanan di Rumah Sakit tersebut sudah jauh lebih baik diban-dingkan dengan yang terdahulu, seperti penempa-tan 2 posko yaitu utara dan selatan. Bahkan untuk melengkapinya security dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi menciptakan citra yang bernilai plus dari hal yang terkecil, seperti merapikan area parkir yang semakin hari semakin tidak tertib.
Di lain sisi, seorang security juga memiliki kendala yang cukup serius dalam tugasnya, seperti yang dikatakan coordinator security “salah satu kendala yang kami hadapi  yaitu masalah KTA (Kartu Tanda Anggota) yang mati, dan diharuskan KTA tersebut harus segera diperbarui, sedangkan cara memperbaruhi KTA yaitu orang yang ber-sangkutan melakukan pelatihan kembali ke pusat”.
Dengan mengingat jumlah security yang ter-batas, maka perlu adanya kebijakan dari pe-merintah yang tidak merpersulit security dalam pembaharuan KTA.
 Selain KTA, kendala yang lain adalah masalah HT (Handy Talking) yang minim dimiliki security . “Ini saja jumlah yang ada baru 4 HT, sedangkan jumlah keseluruhan 25 dari 10 pegawai dan 15 yang kontrak tidak semuanya memegang HT”, jelas coordinator security.
Walau begitu keadaannya, security merupakan gerbang utama dari sekian karyawan yang ada, baik security Mall dan Bank, maka security Rumah Sakit memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lain, contohnya dibidang pelayanan untuk menciptakan kenyamanan pengguna Rumah Sakit, dan sering disebut security pelayanan.
Security pelayanan tak semata-mata melayani pasien seperti dokter atau perawat merawat pasien. Tetapi tugasnya hanya sebatas membantu ala kadarnya. Seperti halnya membantu  pasien yang akan turun dari ambulance menuju IGD, membantu mencarikan darah di bank darah, atau membantu mengarahkan pasien dalam mencari ruang poli-poli, jaminan kesehatan, dan sebagainya.
Pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit lewat security pelayanan memang mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya, sehinga sudah sepantasnya Rumah Sakit tersebut diberikan predikat pelayanan terbaik lewat security. (Rischa Candra J/0152/1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar