Kebanyakan orang tugas seorang security hanya dianggap sebagai penjaga keamanan lingkungan sekitar. Tetapi tidak dengan security di Rumah Sakit yang dijalaninya memiliki tugas lain dalam hal pelayanannya, yaitu, memberitahu, menunjuk-kan, sampai mengarahkan pengguna Rumah Sakit apa yang dibutuhkan dan diperlukan. Dengan begitu pengguna Rumah Sakit merasa nyaman dengan adanya bantuan security.
Dalam hal pengamanan dan keamanan
di Rumah Sakit tersebut sudah jauh lebih baik diban-dingkan dengan yang
terdahulu, seperti penempa-tan 2 posko yaitu utara dan selatan. Bahkan untuk melengkapinya
security dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi menciptakan
citra yang bernilai plus dari hal yang terkecil, seperti merapikan area parkir
yang semakin hari semakin tidak tertib.
Di lain sisi, seorang security
juga memiliki kendala yang cukup serius dalam tugasnya, seperti yang dikatakan
coordinator security “salah satu kendala yang kami hadapi yaitu masalah KTA (Kartu Tanda Anggota) yang
mati, dan diharuskan KTA tersebut harus segera diperbarui, sedangkan cara
memperbaruhi KTA yaitu orang yang ber-sangkutan melakukan pelatihan kembali ke
pusat”.
Dengan mengingat jumlah security yang
ter-batas, maka perlu adanya kebijakan dari pe-merintah yang tidak merpersulit
security dalam pembaharuan KTA.
Selain KTA, kendala yang lain adalah masalah HT
(Handy Talking) yang minim dimiliki security . “Ini saja jumlah yang ada baru 4
HT, sedangkan jumlah keseluruhan 25 dari 10 pegawai dan 15 yang kontrak tidak
semuanya memegang HT”, jelas coordinator security.
Walau begitu keadaannya, security merupakan
gerbang utama dari sekian karyawan yang ada, baik security Mall dan Bank, maka
security Rumah Sakit memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lain,
contohnya dibidang pelayanan untuk menciptakan kenyamanan pengguna Rumah Sakit,
dan sering disebut security pelayanan.
Security pelayanan tak semata-mata
melayani pasien seperti dokter atau perawat merawat pasien. Tetapi tugasnya hanya
sebatas membantu ala kadarnya. Seperti halnya membantu pasien yang akan turun dari ambulance menuju
IGD, membantu mencarikan darah di bank darah, atau membantu mengarahkan pasien
dalam mencari ruang poli-poli, jaminan kesehatan, dan sebagainya.
Pelayanan yang diberikan oleh
pihak Rumah Sakit lewat security pelayanan memang mampu memberikan kenyamanan
bagi penggunanya, sehinga sudah sepantasnya Rumah Sakit tersebut diberikan
predikat pelayanan terbaik lewat security. (Rischa Candra J/0152/1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar