Si Kecil yang Mampu Bersaing

         Banyak universitas baik negeri maupun swasta yang terdapat di Kediri. Salah satunya adalah POLTEK. Universitas Negeri yang terletak di Jl. Mayor Bismo No.27 Kediri. Universitas ini berfokus pada pendidikan TI, Perawatan & Perbaikan Mesin, serta Akuntansi.

Dibandingkan dengan universitas lainnya, POLTEK termasuk universitas dalam skala kecil. Tak sebesar, sebut saja UNP, UNISKA, maupun STAIN Kediri. Namun berdasarkan telusuran wartawan, meski termasuk kampus kecil, kampus ini memiliki fasilitas fisik yang sangat lengkap maupun non-fisik yang baik.
           “Di Universitas POLTEK Kediri terdapat beberapa fasilitas umum seperti musholla yang sangat baik, bersih, dan rapi. Perpustakaan referensi sangat lengkap, untuk masalah parkit sangat luas, bahkan kantin sangat baik, bersih dan sangat rapi. Masalah ruang kelas yang ada di kampus  POLTEK Kediri,  adakurang lebih 17 ruangan.” ujar Mirza.  Salah satu mahasiswa POLTEK semester akhir, Jurusan Perawatan & Perbaikan Mesin.
           Selain fasilitas yang disebutkan Mirza di atas terdapat fasilitas lain yang menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa POLTEK. Seperti Lab. Gambar Komputer, Lab. Gambar Manual, Lab. Otomasi (Lab. Mesin), Lab. Material, Lab. Produksi, Lab. Pabrikasi, Lab. Otomotif, Lab. Perawatan, Lab. Bahasa, Lab. Puskop (Pusat Komputer), dan Lab. E-commerce (Lab. Akuntasi). Semua fasilitas tersebut sesuai dengan kenyataan di lapangan. Wartawan terjun langsung meninjau kampus POLTEK tersebut.
           Selain kualitas fisik, kualitas non fisik kampus ini juga tidak kalah baik.
           Mayoritas dosen POLTEK merupakan lulusan S2 dari Universitas Brawijaya Malang dan ITB Bandung.
           Disinggung soal biaya kuliah, Mirza mengungkapkan bahwa biaya kuliah terutama biaya kuliahnya sangat terjangkau. Sehingga tidak memberatkan kantong.
          Selain fasilitas fisik, kualitas dosen pengajar, dan biaya kuliah, satu hal penting lainnya yang patut diperhatikan dari kampus ini adalah status para mahasiswa di DIKTI.
         “Saya terdaftar aktif. Teman-teman juga.” ungkap Mirza. “Selain itu nilai per semester selalu keluar tepat waktu. Tidak ada masalah.” imbuhnya.
          Bahkan ketika ditanya tentang keluhan selama berkuliah di POLTEK, Mirza hany menggeleng. Menandakan tak ada keluhan.
Benarkah POLTEK sesempurna itu? Alangkah baiknya jika semua Universitas di Kediri baik negeri maupun swasta memiliki kualitas fisik maupun non-fisik yang baik. Meskipun pada kenyataannya, masih terdapat satu dua Universitas yang belum memenuhi standar tersebut. Bahkan terdapat kampus yang beberapa mahasiswanya belum terdaftar aktif di DIKTI. Sudah saatnya kampus-kampus seperti ini melakukan pembenahan secara internal, baik fisik maupun non-fisik. Untuk memajukan pendidikan tinggi di Kota Tahu tersebut. (Septi/1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar