Universitas Terbuka Kota Kediri

            Universitas Terbuka Kota Kediri terletak di Jalan Pemuda nomor 20 Kota Kediri. Merupakan salah satu Kampus Negeri di Kota Kediri. Kampus ini sudah terakreditasi B dan mahasiswanya selalu lulus dengan tepat waktu dengan nilai IPK rata – rata 3,00. Universitas Terbuka Kota Kediri merupakan naungan dari UT pusat yang berada di Jakarta dan Malang. Dosen atau Tutor yang mengajar sangat bagus dan berpengalaman karena mayoritas didatangkan dari Surabaya dan Malang, dikatakan sangat bagus karena untuk Tutor yang tidak aktif atau kurang berkualitas pada tahun ajaran berikutnya pasti digantikan posisinya oleh Tutor lain yang lebih baik.
            Di dalam Universitas Terbuka tersebut terdapat beberapa program studi yaitu PGPAUD, PGSD, Ekonomi dan Pengelolaan Perpustakaan. Untuk hari kuliah sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu saja, dikarenakan mahasiswa rata-rata sudah bekerja. Untuk biaya pendidikan di kampus UT Kota Kediri termasuk sedikit mahal yaitu sekitar Rp 1.750.000,00 sampai Rp 2.000.000,00 per semester, walaupun sedikit mahal tetapi dalam kampus tersebut sudah tersedia perpustakaan pribadi yang cukup nyaman untuk dapat dimanfaatkan oleh mahasiswanya, tempat parkirnya juga luas dan aman serta kantin yang terjangkau harganya. Pembayarannya juga masih diberikan tenggang waktu selama 3 bulan, dapat melalui BRI maupun dapat dibayarkan langsung kepada pihak pengelola UT.
            Mahasiswa yang kuliah di Universitas Terbuka ini tidak hanya dari wilayah Kota Kediri saja, melainkan dari luar Kota Kediri. Sulastri (25), salah satu mahasiswi semester empat program studi Pengelolaan Perpustakaan menjelaskan banyak sekali mahasiswa yang datang dari luar Kota Kediri untuk berkuliah di Kampus tersebut seperti dari Sidoarjo, Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung, Blitar dan Nganjuk.
            Dalam pembelajarannya pun hampir 70% praktek dan 30% teori, sehingga mahasiswanya lebih berkualitas, karena dapat langsung terjun dalam bidang yang digelutinya tersebut. Tutor yang membantu proses pembelajaran juga ramah dan membantu dengan penuh antusias, sehingga mahasiswa merasa nyaman. Untuk nilai per semester bisa dilihat online dua bulan setelah mahasiswa melaksanakan ujian. Ujian akhir semester dilaksanakan di dua tempat yaitu di SMAN 2 Kediri dan SMKN 2 Kediri, pelaksanaan ujian akhir pun juga berjalan sangat ketat menggunakan CCTV disetiap sudut ruangan kelas.
            Kekurangan Kampus ini yaitu pembayaran yang relatif cukup mahal, kamar mandi yang kurang bersih, belum adanya pendingin ruangan di dalam kelas, dan untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai E harus mengulang pembelajaran di semester yang paling akhir sendiri, mengikuti ujian ulang, serta masih dipungut biaya tambahan lagi. (Rizki P.G./0154/1)
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar