BERPELISIR KE RADAR KEDIRI, HAPPY-HAPPY SEKALIGUS MENGGALI ILMU



 Sabtu, 21 Juni 2014, tepat pukul 09.30, rombongan mahasiswa tingkat IV Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, UNP Kediri tiba di kantor Radar Kediri, tepatnya di jalan raya Gampeng, Kabupaten Kediri. Kantor Radar Kediri ini terbilang masih baru, baru empat tahun kantor ini berpindah di sini. Semula kantor Radar Kediri berlokasi di jalan Brawijaya, Kota Kediri, kemudian empat tahun lalu atau tepatnya 10 Oktober 2010 kantor ini berpindah di desa Gampeng, Kabupaten Kediri. Lokasinya yang agak jauh dari kota, membuat situasinya tenang dan sejuk. Kedatangan rombongan ini langsung disambut oleh juru parkir Radar Kediri, dengan ramah juru parkir mengarahkan pemakiran yang rapi. Mengingat jarak kampus UNP Kediri dengan kantor Radar Kediri tidak jauh, maka rombongan masiswa menggunakan sepeda motor. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa tingkat IV ini adalah dalam rangka kunjungan jurnalistik, yang merupakan bagian dari mata kuliah Praktik Jurnalistik.
Salah satu agenda utama dari kunjungan ini adalah pemerolehan materi jurnalistik dari Radar Kediri. 
Namun demikian, rombongan mahasiswa juga berkesempatan melihat-lihat ruangan di Kantor Radar Kediri, bahkan mahasiswa bisa berfoto senarsis mungkin di kantor Radar Kediri tersebut. Sekitar pukul 10.00 pemberian materi diberikan. Karena jumlah rombongan hanya sekitar 40-an, maka pemberian materi diadakan di ruang meeting kru redaksi. Pemateri kali ini adalah salah satu kru redaksi yang bernama Indra Purwito. Dengan gamlang beliau menjelaskan satu persatu urutan proses pembuatan berita, mulai dari rapat redaksi, pencarian berita, penentuan berita, pengetikan berita, editing, lay out, hingga pencetakan berita. Bahkan, dengan sabar dan hangat beliau menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa. Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu rombongan mahasiswa juga berkesempatan melihat film dokumenter proses pembuatan berita Radar Kediri. Pemberian materi berjalan denngan santai dan penuh dengan keakraban. Pemberian materi berlangsung hampir dua jam. Di akhir agenda rombongan memberikan cendera mata, secara simbolis kepada pihak Radar Kediri dan sesi foto bersama.
Berpelisir kali ini memang mengasyikkan karena selain bisa senang-senang mahasiswa juga bisa menggali ilmu kejurnalistikan di Radar Kediri, ibarat pepatah lama sambil menyelam, sambil minum susu. (Ninik Utari/Berita 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar