Eksistensi Tukang Becak di Alun-Alun Kota Yogjakarta



Yogyakarta – Kamis (26/6), sekitar pukul 16.00 WIB rombongan kami dari kediri tiba di alun-alun kota Yogyakarta. Setibanya disana kami disambut dengan beberapa tukang becak yang menawarkan jasanya untuk mengantar keliling kota dan mengantar wisatawan ke tempat-tempat yang ingin dituju, misalnya tempat oleh-oleh khas Yogyakarta.
Biaya yang ditawarkannya pun cukup terjangkau, hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 untuk 2-3 orang penumpang. Para tukang becak ini biasanya mangkal di area alun-alun Yogyakarta mulai pagi hingga menjelang malam hari.
Menurut penuturan salah seorang tukang becak mengatakan, “sekarang banyak wisatawan yang lebih memilih berjalan kaki untuk menuju ke Malioboro, karena jalan menuju Malioboro sering macet sehingga mereka merasa akan lebih lama lagi jika harus mengendarai becak”.
Dengan demikian penghasilan mereka pun sedikit berkurang, jika sedang ramai mereka mendapat penghasilan sebesar Rp 50.000 – Rp 70.000 sehari, tetapi terkadang penghasilan mereka hanya berkisar sekitar Rp 35.000 sehari. (Rika Anggraini/Berita 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar