Gelas Kaca Cantik, Oleh-Oleh Baru dari Jogja


Gelas kaca cantik dengan isian di dalamnya, oleh-oleh baru dari Yogyakarta.

Jogjakarta masih menjadi pilihan utama tempat berlibur masyarakat dari berbagai daerah. Budaya yang masih terjaga dan tempat-tempat wisata yang menarik menjadi alasan padatnya tempat wisata di daerah istimewa ini. Tidak hanya tempat wisata dan kebudayaan yang menjadi pesona dari Jogja, tetapi segala macam oleh-oleh khas daerah Jogjakarta menjadi daya tarik tambah bagi wisatawan. Mulai dari bakpia pathok, dodol dan jenang khas Jogjakarta, baju batik, sampai dengan kaos bertuliskan nama Jogjakarta, dan segala macam oleh-oleh lain menjadi tu-juan lain dari pemilihan Jogjakarta sebagai tempat berwisata.
Berbagai macam oleh-oleh yang telah disebutkan tadi sudah biasa dijumpai di daerah Jogjakarta. Terdapat oleh-oleh baru dari  Jogjakarta yang sangat menarik dan bahkan tidak banyak dijumpai di daerah lain meskipun belum banyak orang mengetahuinya. Oleh-oleh berupa souvenir ini memang belum se-populer bakpia pathok atau dodol khas Jogjakarta, tetapi bentuknya yang unik dan harganya yang terjangkau menjadikan oleh-oleh ini memiliki peminat tersendiri. “Oleh-oleh ini memang bagus dan murah, tapi karena kacanya terlalu tipis jadi takut kalau pecah pas dibawa pulang ke Kediri”.  Tutur Shofiatul Laily (23 tahun) wisatawan asal Kediri.
Oleh-oleh yang dapat dijumpai di kawasan Malioboro ini memiliki berbagai macam bentuk diantaranya, gelas dengan air warna-warni di dalamnya, kubah masjid dengan kaligrafi, puncak gunung dengan boneka, dan berbagai macam bentuk lainnya. Gelas kaca ini terbuat dari kaca tipis seperti pada lampu bohlam dan isian berupa air, kaligrafi, boneka mini, dan sebagainya. Akan  tetapi isi dari dalam kaca tidak bisa tumpah atau jatuh meskipun air dari dalam gelas atau kaca diposisikan terbalik. Meskipun masih memiliki beberapa kekurangan tetapi oleh-oleh baru dari Jogjakarta ini diharapkan dapat menjadi oleh-oleh populer pilihan wisatawan seperti oleh-oleh khas Jogjakarta lainnya. Beberapa kekurangan dari gelas kaca cantik ini diharapkan tidak menyurutkan minat pembeli untuk membawanya sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Penjual akan melindungi gelas kaca dengan koran yang tebal agar gelas kaca tidak berbenturan saat dibawa pulang oleh pembeli. Munculnya oleh-oleh baru dari Jogjakarta ini merupakan kreatifitas masyarakat Jogjakarta dan harus didukung keberadaannya. (Siti Zuliana/0169/Berita 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar