“MALANGNYA, PARANGTRITIS”



Parangtritis adalah nama desa yang terletak di kabupaten Bantul, tepatnya di kecamatan Kretek, Yogyakarta. Karena lokasi pantai berada di desa Parangtritis, maka dinamakan sebagai pantai Parangtritis. Pantai ini sangat luas dan pemandangannya pun tidak kalah bagus dibandingkan pantai lain yang ada di Yogyakarta. Selain itu, kita juga bisa melihat gunung-gunung yang berjejer mengelilingi pantai. Banyak pedagang yang juga berjualan pakaian-pakaian, makanan, hingga aksesoris khas parangtritis seperti bros yang terbuat dari kerang. Ada beberapa juga yang menyewakan penginapan dan tempat untuk mandi.
Keindahan pantai Parangtritis ternodai karena tumpukan sampah dimana-mana. Hal ini bisa terlihat ketika kita mengunjungi pantai Parangtritis pada saat airnya sedang surut. Begitu banyak sampah yang terlihat, tidak hanya kayu tapi lebih bahayanya lagi adalah sampah-sampah plastik yang mana sulit sekali untuk teruraikan.
Sebaiknya hal ini segera ditanggulangi oleh pemerintah setempat, karena akan tidak mungkin jika dibiarkan begitu saja, nantinya sampah-sampah tersebut semakin banyak dan akhirnya dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung. Sehingga para wisatawan akhirnya enggan mengunjungi pantai Parangtritis.
Jika saja pemerintah lebih memperhatikan kebersihan pantai Parangtritis, mungkin pengunjung akan lebih banyak yang datang. Semisal, menyediakan tempat sampah organik dan an-organik. Karena pantai Parangtritis memiliki keindahan yang luar biasa, hingga pemandangan yang bagus. Dengan demikian, secara tidak langsung akan menambah pendapatan wilayah dan membantu meningkatkan sumber daya manusia yang ada disekitar pantai Parangtritis. Dan pada akhirnya, nasib Parangtritis tidak akan semalang sekarang. (Rosita Dewi Sukesi/ 0159/ Berita 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar