Pesona Indah Pantai Parangtritis



Pantai parangtritis terletak di 27 km selatan kota Jogja. Untuk mencapai Parangtritis, anda dapat menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum, yaitu bus kota. Keindahan pantai ini memang sudah terkenal sampai dimana-mana, ombak dan pemandangan sekitarnya begitu indah. Hanya dengan biaya masuk Rp. 3.000,- ada banyak hal yang bisa dilakukan di Parangtritis.
Melihat matahari terbenam adalah salah satu yang paling diminati.  Oleh sebab itu, saat terbaik pergi ke Parangtritis adalah saat menjelang senja. Lahan parkir yang luas dan penyewaan kamar mandi pun tersedia disekitar pantai parangtritis. Apabila wisatawan dari luar kota datang dipagi hari maka dapat memanfaatkan kamar mandi tersebut, walau tidak dapat menikmati keindahan sunset tetapi pemandangan pantai parangtritis dipagi hari juga tidak kalah indahnya. Dipagi hari udaranya begitu sejuk, angin bertiup tidak begitu kencang sehingga anda dapat menikmati indahnya pantai dengan santai.
Karena kebuasan ombaknya, pengunjung Parangtritis tidak di-rekomendasikan untuk berenang. Namun di pinggir pantai tersedia fasilitas pemandian umum. Diantaranya adalah pemandian Parang Wedang yang airnya konon dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Ini karena air di pemandian tersebut mengandung belerang. Disekitar pantai juga banyak fasilitas lain yang tersedia, misalnya tempat penginapan, tempat makan, dan penjual pakaian  serta pasar souvenir khas Jogja.


Tersedia pula jasa bendi yang akan mengantar anda menyusuri permukaan pasir mulus Parangtritis. Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda dua ini tak kalah menyenangkan. Bendi akan membawa kita ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah. Kalau anda lebih suka naik kudanya langsung, anda juga bisa mendatangi jasa penyewaan kuda. Untuk yang berjiwa petualang, ATV (All Terrain Vehicle) patut dicoba. Dengan ATV, anda dapat menaklukkan bukit-bukit pasir di sepanjang pantai. Biaya sewa ATV sekitar  Rp. 50.000,- sampai dengan Rp100.000,- per setengah jam.
(Ririn Pangesti/Berita 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar