BIBIT UNGGUL BAWANG MERAH


           DUSUN PALDAPLANG merupakan dusun yang terletak di desa sumberjo kecamatan Gondang kabupaten Nganjuk. Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani terutama petani bawang  merah, namun sebagian lagi ada yang menanam padi. Salah seorang warga yang bernama pak  mengatakan bahwa”menanam bawang merah lebih menghasilkan dibanding menanam padi karena padi memerlukan proses yang cukup lama cara merawatnya pun cukup mudah.Begitu pula untuk mendapatkan bibit yang bagus untuk di tanam kembali.

Agar dapat dapat tumbuh dengan baik, tanaman bawang merah harus ditanam di tempat yang kering dengan suhu udara yang agak panas,sedangkan suhu yang paling cocok untuk membudidayakan bawang merah yaitu 25-32 0C. Jika tanaman yang satu ini di tanam pada suhu 22oC, tanaman tersebut akan kesulitn berumbi atau tidak dapat membentuk umbi.
Tanah yang cocok untuk tanaman bawang merah yaitu tanah yang subur dan gembur yang dapat mempermudah pertumbuhan umbi bawang merah sehingga umbi yang muncul berukuran besar-besar.
Sedangkan untuk memperoleh kualitas bibit yang unggul Petani tak perlu lagi binggung karena sekarang masyarakat di dusun paldaplang desa Sumberjo sudah banyak yang  mengembangkan bibit kualitas unggul salah seorang warga yang bernama pak menjelaskan bagaimana  cara membuat bibit bawang merah yang berkualitas tinggi yaitu dengan cara memilih umbi bawang merah yang masih bagus ketika baru panen kemudian dijemur hingga kurang lebih 15 hari jika cuacanya cukup panas sambil diberi obat yang bernama micin agar bawang-bawang yang dijemur tersebut tidak kropos.
Selain itu beliau juga menuturkan bahwa dalam satu ikat bibit bawang merah tersebut dapat ditanam dalam satu petak sawah.Sedangkn untuk merawatnya cukup mudah yaitu setiap hari harus disiram menudian setelah dua minggu baru di beri pupuk agar tumbuhnya menjadi subur. (Reni Evawati/KKN1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar