KERUPUK GUTI RENYAH KHAS SANGGRAHAN



          NGANJUK ,- Sanggrahan merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Di desa tersebut terdapat usaha rumahan yang memproduksi kerupuk udang yang terkenal gurih dan renyah. Masyarakat desa sanggrahan biasa menyebutnya dengan nama kerupuk guti.
            Ibu Tarikem berusia 35 tahun merupakan pemilik usaha kerupuk tersebut. Beliau merupakan warga desa sanggahan kecamatan gondang kabupaten nganjuk. Beliau menuturkan “ saya menggeluti usaha kerupuk kurang lebih selama 3 tahun dulunya sebelum terjun dalam usaha pembuatan kerupuk ini saya bekerja sebagai buruh pabrik. Akhirnya saya, memutuskan untuk pulang ke rumah dan membantu meneruskan usaha yang telah dirintis oleh orang tua.
            Kerupuk guti saat ini di pasarkan di daerah kecamatan gondang dan kecamatan lengkong. Kerupuk guti ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Sehingga memiliki peminat yang cukup banyak di kalangan masyarakat khususnya desa sanggrahan. Sebagai pelengkap menyantap nasi atau makanan yang lain. Kerupuk guti ini di pasarkan setiap satu hari sekali. Kerupuk tersebut selalu banyak diminati oleh masyarakat desa sanggrahan. Meskipun usaha kerupuk guti ini masih tergolong usaha kecil namun usaha ini terus mengalami kemajuan yang cukup pesat. Permintaan semakin bertambah yang artinya peminatnya semakin banyak.
            Namun usaha tersebut juga memiliki beberapa kendala selama masa produksi antara lain  naik-turunnya harga bahan baku serta apabila musim tidak menentu terkadang hujan dan terkadang panas dengan adanya kendala tersebut akan sedikit terhambat pada saat masa produksi. Akhirnya pasokan barang pada konsumen sedikit terhambat dan pada saat seperti itulah konsumen biasa memberi komplain pada yang memproduksi.
            Ibu Tarikem (35 tahun) menuturkan “ saya memiliki harapan semoga usaha kerupuk guti ini terus berkembang dan terus berjalan lancar yang akhirnya dapat menjadi ikon kabupaten nganjuk.” (Kab. Nganjuk 6 mei 2014).
(Susiana/0175/KKN2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar