Ungkapan Terima Kasih Kepada Guru dengan Baca Puisi



Berlian, saat membacakan puisi. (foto:Roikhatul)
Nganjuk-Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2014, mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Banjardowo kecamatan Lengkong, Nganjuk, menggelar serangkaian kegiatan lomba yang diikuti pelajar di SD Lengkong 1.
Serangkaian kegiatan lomba yang diadakan oleh kelompok KKN 065 ini digelar selama satu hari penuh pada hari Sabtu (3/5) yang diikuti oleh seluruh siswa SD Lengkong 1 dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Dari serangkaian lomba tersebut salah satunya adalah lomba baca puisi. Lomba puisi dengan tema “Guru”  ini awalnya dikhususkan untuk kelas 4 dan 5, namun karena kelas 6 sudah tidak ada kegiatan pasca mereka menjalani try out, maka wali kelas 6 meminta kepada mahasiswa agar mengikutsertakan kelas 6 dalam kegiatan lomba. Hal tersebut membuat jadwal kegiatan lomba baca puisi yang rencananya akan dimulai pukul 08.00 WIB harus ditunda sampai pukul 09.15 WIB.
Kami kaget ketika wali kelas 6 secara mendadak meminta agar kami mengikutsertakan kelas 6 dalam lomba baca puisi. Kelas 6 pasti belum ada persiapan, seperti latihan baca puisi termasuk teks puisinya juga karena sebelumnya kami mengumumkan kepada kelas 4 dan 5 bahwa panitia tidak menyiapkan teks puisi sehingga peserta yang ikut harus menyiapkan puisi sendiri.” tutur Ana selaku koordinator lomba baca puisi.
Karena keadaan yang mendadak tersebut, supaya lomba dapat berjalan lancar dan kelas 6 dapat ikut serta dalam lomba, akhirnya panitia mempersiapkan teks puisi untuk kelas 6 yang membuat pelaksanaan lomba tertunda.
Setelah tertunda selama satu jam, pelaksanaan lomba segera dimulai. Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. “Dengan bekal kepercayaan diri yang tinggi, dengan satu per satu mereka membacakan puisi sebagai ungkapan terima kasih kepada guru.” ungkap Eka, salah satu juri dalam lomba tersebut.
Lomba berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Dari peserta yang berjumlah 26 peserta diambil 3 juara, yaitu  juara 1, 2, dan 3. Setelah melalui beberapa penilaian, akhirnya para juri memutuskan siswa bernama Berlian dari kelas 5 sebagai juara 1. “Berlian memang pantas untuk mendapatkan juara 1. Teknik membaca puisinya sangat bagus untuk anak seusianya.” jelas Eka. (Roikhatul J/0155/KKN1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar