PASAR SUKOMORO



Pada dasarnya pasar adalah tempat untuk membeli berbagai macam keperluan rumah tangga, tetapi berbeda dengan pasar Suko Moro, pasar tersebut hanya menjual satu kebutuhan rumah tangga yaitu bawang merah. Pasar ini juga merupakan pusat penjualan bawang merah untuk daerah kebupaten nganjuk sebelah utara .  Menurut Totok 35 tahun ”dalam sehari pasar Suko Moro bisa menjual bawang merah kurang lebih sekitar 10-15 ton setiap harinya”.
Pasokan bawang merah yang berada dipasar Suko Moro berasal dari berbagai daerah khususnya daerah kecamatan Gondang. Warga kecamatan Gondang hampir semua petaninya menggantungkan ekonominya dengan menanam bawang merah. ”disini itu penghasilan andalannya adalah bawang merah” kata Pak Sarwan 42 tahun yang sudah belasan tahun menanam bawang merah. Jefri 30 tahun mengatakan “warga lebih memilih menanam bawang merah karna hasilnya lebih menjanjikan.”
Sebenarnya bawang merah bukanlah satu-satunya tanaman yang ditanan di kecamatan Gondang, akan tetapi tanaman-tanaman yang lain seperti padi, cabe dan lain-lain itu hanya ditanam kalau cuaca lagi tidak mendukung untuk tanaman bawang merah. Ini desebabkan kerna mahalnya modal untuk penanaman bawang merah, sehingga petani bawang tidak mau ambil resiko yang sengat merugikan bagi petani. (Umar S/0179/KKN1) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar