GREBEK SUKIT



Grebek sukit di desa Sumberagung, kecamatan Gondang.

Nganjuk - Di tempat mahasiswa KKN Kelompok 047, di dusun Jarak terdapat suatu program yang  kurang diperhatikan oleh masyarakat di kota. Program tersebut dilakukan setiap satu bulan dua kali. Bertujuan untuk membantu menyuburkan tanaman di sawah. Program tersebut  bertempat di sawah Dusun Jarak Desa Sumberagung Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Dengan membawa alat berupa pacul, timba, dan tongkat kayu.
Semua mahasiswa laki-laki KKN Kelompok 047 ikut serta membasmi hewan yang dapat merusak padi dengan warga sekitar. Grebek tikus merupakan nama program dari desa Sumberagung. Yang mana program untuk membasmi hama tikus yang ada di sawah petani. Tidak hanya mahasiswa KKN Kelompok 047 dan petani saja, tetapi juga anak-anak kecil ikut serta  membantu membasmi hama tikus di sawah.
Menurut Bapak Karmadi (40 tahun), pemilik posko yang ditempati mahsiswa KKN Kelompok 047 tersebut mengatakan pada umumnya, grebek tikus memberikan suatu hal yang positif  bagi para petani. Mereka bisa bergotong-royong membasmi hama tikus. Agar nantinya tanaman padi di sawah mereka subur tanpa gangguan hama tikus.
Tidak hanya bertujuan untuk membasmi hama tikus saja, tetapi juga untuk menumbuhkan rasa persaudaraan antara petani satu dengan petani yang lain. Seperti kata pepatah “Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing”. Terlebih lagi untuk mahasiswa KKN Kelompok 047, mereka bisa terjun langsung untuk belajar bergotong-royong menjalin kekeluargaan atau persaudaraan dengan para petani.
Jarak sawahnya dengan posko tempat KKN Kelompok 047, yaitu kurang lebih sekitar 2 kilometer. Peserta KKN Kelompok 047 dengan para petani sangat bersemangat melaksanakan program grebek tikus. Hasil tikus yang didapatkan dari grebek tikus di sawah tidak sedikit, tetapi hasilnya lumanyan. Para petani dan mahasiswa KKN Kelompok 047 mendapatkan beberapa timba yang berisakan tikus dari yang besar sampai yang kecil. Kegiatan grebek tikus itu dilakukan mulai pagi pukul 8.00 – 11.30 WIB. (Rindang Eka Martiani/KKN1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar