Kesehatan Apotik Hidup


1. Temu lawak (Curcumaxanthorhiza) 

Temu lawak bisa menyembuhkan penyakit lever dengan cara, temu lawak diris-iris lalu di jemur sampai kering, kemudian direbus sengan air secukupnya, serta tambahkan gula aren dan kalau sudah mendidih kemudian disaring. Nah, air saringannya ini yang diminum, diminum pada waktu pagi dan sore.

2. Kunyit (Curcuma Domesticarval)

Kunyit mempunyai banyak sekali nama di daerah tertentu, misalnya di Aceh bernama kunyet, lampung menyebutnya kunyir, dan sebagainya.
Meski berbeda menyebut nama kunyit, tetapi meliki khasiat yang sama. Seperti mengatasi sakit perut. Cara mengolahnya dengan cara di parut halus, kemudian disaring dengan kain yang bersih dab halus. Nah, intisarinya yang telah sisaring dapat diminum dengan tambahan madu asli secukupnya. Paling enak diminum waktu pagi dan sore.

3. Bugenfil (Bugenville Glabra Choic)
Nama lain dari bugenfil yang akrab kita ketahui yaitu kembang kertas. Selain sebagai bunga hias ternyata memiliki khasiat bagi kaum Hawa, kayak darah bergumpal diwaktu datang bulan dan keputihan. Cara mengatasi darah yang bergumpal yaitu, ambil bunga bugenfil kurang lebih 15gr. Serta bunga ros kurang lebih 15gr. Lidah buaya (Aloevera) 70gr. Yang telah dikupas kulitnya. Semua dimasukkan kedalam panci serta 600cc air, rebus hingga airnya tersisa 300cc, kemudian disaring. Nah, airnya dapat diminum 2x sehari.
Sedangkan cara mengatasi keputihan yaitu, ambil bunga bugenfi 15 gr direbus dengan air 400 cc. Tunggu hingga surut menjadi 200 cc, kemudian saring lalu airnya diminum dalam keadaan hangat. Mengapa harus diminum hangat? Karena bugenfil memiliki sifat kimia dan efk farma kologi, serta rasa pahit, lengket, dan hangat berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah. 

(Eva Nashriyati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar