BUNGA CANTIK DARI SEDOTAN PLASTIK

Senin (5/5) merupakan salah satu hari yang memberikan pengalaman yang sangat menarik bagi mahasiswa KKN 2014 Universitas Nusantara PGRI Kediri di desa Mungkung, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Di permulaan hari ber-aktivitas ini, SDN Mungkung 1 menjadi sasaran kegiatan mahasiswa KKN yang bernomor kelompok 27. Dalam kesempatan yang mungkin tidak akan datang dua kali ini, mahasiswa KKN kelompok 27 ini memberikan pelatihan membuat suatu karya dari barang-barang yang tidak sulit ditemukan. Sebuah bunga cantik dengan daun-daun yang berjuntai akan menjadi sebuah karya yang sangat dinantikan saat ini.
Pemilihan pembuatan bunga ini bukan tanpa alasan. Mahasiswa KKN ke-lompok  27 ini berkeinginanan agar para siswa mampu menciptakan sebuah karya yang cantik, dengan bahan-bahan yang tidak sulit ditemui dan proses pembuatan-nya pun tidak rumit sehingga mereka tetap semangat belajar walaupun kondisi lingkungan mereka kurang terpenuhi.
Antusias para siswa di SDN Mungkung 1 ini sudah terlihat dari awal ma-hasiswa KKN memasuki gerbang sekolah karena mereka telah siap menerima pe-ngetahuan baru. Di SD yang hanya memiliki 92 siswa ini, para mahasiswa KKN mulai menyulut api semangat para siswa kelas III, IV, dan V yang mengikuti pe-latiham pembuatan bunga dari sedotan plastik. Dengan perlahan para mahasiswa KKN kelompok 27 ini mulai menjelaskan proses pembuatan bunga yang cantik dari sedotan platik yang berwarna-warni. Tanpa terlalu banyak mengajukan per-tanyaan, mereka pun langsung mengikuti arahan yang diberikan mahasiswa KKN di masing-masing kelas. Namun, bila saat praktek mereka menemui hambatan, mereka pun tidak sungkan untuk bertanya.
“Sekolah ini memamng SD kecil mbak, muridnya pun tidak terlalu ba-nyak. Karena di desa ini ada 2 SD mbak,” papar Bu Alfiyah, Kepala Sekolah SDN Mungkung 1, ketika menjelaskan jumlah siswa di SD yang dipimpinnya. Walau-pun demikian, jumlah siswa yang cukup sedikit itu tidak terlihat ketika para siswa dengan begitu semangat mengikuti praktek kerajinan tangan yang sederhana na-mun mampu menciptakan suasana bahagia dan dengan hasil yang cukup menarik mata.
Ketika para siswa telah usai membuat rangkaian bunga dari sedotan plas-tik, mereka pun dengan senang membantu mahasiswa KKN memasang karya me-reka di dinding kelas. “Saya ingin kelas saya terlihat cantik dan bagus kak,” terang salah satu siswi kelas IV dengan menampakkan senyum sumringahnya kepa-da mahasiswa KKN dan teman-temannya.
Kebanyakan orang memandang suatu lingkungan pendidikan dengan fasi-litas minim, memiliki suatu daya saing yang minim dan kemampuan yang irit pula. Tapi semua itu tidak tampak pada para siswa SDN Mungkung 1, mereka an-tusias menerima pengetahuan dan pengalaman baru untu bekal kehidupan mereka kelak. (Yosi Ari W/KKN1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar