Lomba-Lomba Di SDN 1 Mungkung



             
            SDN 1 Mungkung, pada hari minggu tanggal 11 Mei 2014 pukul 08.00 di halaman sekolah tersebut diadakan beberapa lomba. Lomba tersebut diadakan oleh anggota KKN kelompok 27 Universitas Nusantara PGRI Kediri untuk memenuhi program kerja. Meski yang datang awalnya hanya beberapa anak-anak namun setelah sekitaran satu jam kemudian beberapa ibu-ibu antusias menonton kegiatan lomba tersebut bahkan ada juga yang sambil memomong anaknya. Lomba yang diadakan tersebut terdiri dari lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan terakhir pertandinga sepak bola corong. Diantara tiga lomba tersebut ada yang mengunakan system team dan individu. Yang menggunakan system team yaitu lomba makan krupuk dan pertandingan sepak bola corong.
             Lomba pertama lomba balap karung, dimana orang yang bertanding terdiri dari tiga orang setiap babak pertandinganya. Peserta lomba yang mengikuti lomba balap karung tersebut juga termasuk siswa SDN 1 Mungkung, meskipun sebenarnya lomba tersebut diperuntukkan untuk umum. Peserta lomba terlihat sangat bersemangat mengikuti lomba tersebut. Peraturan lombanya pertama-tama peserta lomba dari jarak start berlari mengambil karung yang dilipat rapi. Kemudian peserta memakai karung tersebut dan melompat-lompat kembali ke garis start. Finisnya yaitu kembali lagi, dimana karung tersebut dilipat sebelumnya. Pemenangnya adalah siapa yang lebih dahulu sampai pada garis finis dan melipat kembali karungnya dengan rapi. Disaat semifinal sampai final lomba balap karung tersebut dibuat sedikit berbeda. Perbedaannya peserta disuruh berhenti dan bergoyang terlebih dahulu ketika mendengarkan sebuah alunan musik dangdut dan ketika musik tersebut berhenti peserta kembali berlompat-lompat ria dengan karung masing-masing peserta. Yang membuat lucu pada perlombaan tersebut, kebanyakan peserta saat bergoyang, yang bergoyang bukan pinggulnya melainkan karung peserta yang digoyangkan. Para penontonpunjuga tak mau kalah dalam memeriahkan acara tersebut, mereka bersorak menyemangati para peserta. Pada saat peserta cewek balap karung, perserta kurang satu  orang sehingga kekosongan peserta tersebut digantikan oleh salah satu panitia lomba tersebut. Ketika bel peluit dibunyikan, panitia lomba yang mengikuti lomba tersebut sempat tak bisa lari karena dipenggang celananya oleh panitia lainya.
               Lomba kedua yaitu lomba makan kerupuk. Lomba ini dibuat secara team. Satu team terdiri dari dua orang. Peserta memakan kerupuk yang digantung tanpa menggunakan tangan. Setiap satu gigitan peserta kembali tos dengan teman satu teamnya, kemudian teman satu teamnya kembali melanjutkan memakan krupuknya. Perlombaan tersebut berlangsung sangat meriah. Peserta juga sempat kesulitan memakan krupuk tersebut karena tak jarang krupuk tersebut mental dengan sendirinya karena tarikan dari peserta lain. Lomba tersebut juga diselingi oleh panitia yang seru-seruan mengikuti lomba. Bahkan ada salah satu panitia yang memberi kecap pada kerupuknya.
                Lomba terakhir yaitu pertandingan sepak bola corong. Dalam pertandingan ini satu team terdiri dari empat orang pemain. Keunikan dari sepak bola ini yaitu pemain hanya bisa melihat dari lubang corong yang dipakai dimuka para pemain. karena kesulitan mencari bola untuk ditendang. Tak jarang para pemain salah tendang pemain lain.
                Disetiap sela-sela pertandingan juga diselingi kuis. Kuis tersebut antara lin ada yang tebak-tebakan, menirukan gayak seorang pembalap montor, menghafal plat nomor dan masih banyak lagi selingan kuis yang lainnya. Acara tersebut diakhiri denga penyerahan hadiah untuk para pemenang dan berakhir pada pukul setengah dua belas. (Taufiqurrohman/0177/KKN1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar