Tradisi Nyadran Desan Ngringin



 
Ngringin merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Lengkong kabupaten Nganjuk. Adat istiadat di daerah ini masih terjaga hingga saat ini, salah satunya adalah tradisi nyadran. Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun dari leluhur desa yang selalu dijaga dan dilestarikan oleh para penerusnya, terutama di desa Ngringin tersebut.
Tradisi nyadran atau sedekah desa ini biasa dilakukan setiap selesai panen raya dan diadakan setiap hari Senin Pahing. Hal ini dilakukan karena Senin Pahing merupakan hari kelahiran leluhur desa yang dimakamkan di salah satu punden yang ada di desa tersebut.
Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh warga desa dengan membawa makanan hasil bumi dan diletakkan di Punden.
            Sedekah desa diawali dengan kegiatan bersih desa yang dilakukan sehari sebelum kegiatan sedekah desa dimulai. Saat sedekah desa berlangsung, kepala desa di arak menuju Punden yang sudah di penuhi warga yang dilanjutkan dengan do’a bersama dan ditutup dengan berebut makanan hasil bumi yang sudah disediakan oleh warga desa. Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu yang setiap dua hari sekali diadakan hiburan tradisional di depan rumah kepala desa. Dengan diadakan dan dilestarikannya tradisi ini semakin mempererat tali persaudaraan di antara warga desa. (Siti Mifta Kh./KKN1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar