PENYULUHAN GIZI Oleh PELANGI 75



Jumat(9/5) diselenggarakan acara penyuluhan gizi untuk anak-anak Balita dalam acara rutinan Posyandu di Dusun Jati Desa Sawahan Kecamatan Lengkong. Acara ini berlangsung sangat baik dan menarik hati para ibu-ibu serta penduduk disekira lokasi tersebut. Acara ini diikuti 75 orang ibu beserta anaknya.
Kegiatan ini mengangkat tema “Anak Sehat Gizi Kuat Pelangi 75” dalam penyuluhan ini penyaji materi menyajikan bagaiman hidup sehat, serta bagaimana memilih makanan yang mengandung gizi yang baik dan cukup untuk tumbuh kembang anak  serta perkembangan anak dari usia 0-5 tahun. Memilih makanan yang baik untuk kesehatan terutama untuk anak itu cukup mudah, dalam memilih makanan harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna, tak hanya itu cara penyajian atau memasaknya tidak asal atau sembarangan semua harus ada prosedurnya. Untuk mempertahankan gizi yang terkandung dalam sayuran kita harus mengetahui tehnik dan cara memasak sayur yang baik, misalkan memasak satur bayam, pertama cuci daun bayam, potong, kemudian rebus selama 7 menit kemudian tiriskan. Untuk tekstur sayuran tak perlu merebus terlalu lama apabila dalam merebus terlalu lama maka akan mengurangi kandungan gizi dalam sayur tersebut.

Perkembangan anak pada usia 0-5 tahun harus selalu di pantau oleh kedua orang tua. Orang tua harus pro aktif dalam mengikuti perkembang anak mulai dari makanan sampai tingkah laku anak. Gizi yang baik juga berpengaruh pada pertumbuhan anak yang baik pula, begitun sebaliknya. Balita di Dusun Jati Desa Sawahan Kecamatan Lengkong ini pertumbuhannya sangat baik dan stabil, ibu-ibu disini sangat peduli dengan tumbuh kembang anak, mereka sangat memperhatikan asupan gizi pada anak serta kesehatan anak.
Manfaat dari penyuluhan ini adalah untuk menambah pengetahuan ibu-ibu tentang pentingnya Gizi serta tumbuh kembang anak pada usia balita, selain itu acara ini juga dapat mengakrapkan orang tua dengan anak, orang tua dengan orang tua serta anak dengan anak.
Dalam penyuluhan ini kelompok KKN Pelangi 75 Universitas Nusantara PGRI Kediri ini juga memberikan sedikit asupan makanan tambahan yang mengandung gizi yang baik untuk kesehata, perkembangan serta kebutuhan pada anak. Kagiatan ini dilakukan dalam ranngka memenuhi program Kesehatan dan Gizi untuk masyarakat.(Zuhrotul Mufida/KKN2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar